Selasa, 08 Agustus 2017

Fakta! Perbedaan Rokok Elektrik Vs Tembakau, Bahaya/Aman Mana?

Merkwanitaalami - Meskipun merokok itu dilarang hampir di semua negara terutama indonesia ini, namun tidak ada yang bisa membendung kecanduan rokok pada orang yang jumlahnya sudah tak lagi bisa terhitung terutama pada lelaki, bahkan anak kecil usia 10 tahunan saja sudah ada yang merokok.

Budaya merokok memang makin hari makin bertambah seiring dengan pergaulan setiap orang, ada yang bilang " Kalau sekali merokok, ya bakal keterusan..."

Dan jika itu sudah terjadi, maka tidak bisa lagi dihindari atau dihilangkan kebisaan merokok tersebut. rokok memang fenomenal, banyak sekali merk rokok yang bagus dan enak dimana selera masing masing orang tentu berbeda. bahkan sekarang ini ada yang namanya "Rokok Elektrik" atau yang biasa juga disebut dengan "Rokok Vape".

Dengan adanya rokok tersebut, semua perokok pasti bertanya, bahaya kah rokok elektrik dan vaporizer?

Fakta! Perbedaan Rokok Elektrik Vs Tembakau, Bahaya dan Aman Mana?


Sebenarnya bahaya atau tidaknya ya tergantung pribadi ya, ya mau bagaimana lagi karena memang sebenarnya rokok yang tidak berbahaya, ya TIDAK merokok, hehehe. namun jangan khawatir, ada kok penjelasan mengenai perbedaan dan bahaya mana rokok elektrik dengan rokok biasa maupun vaporizer?

Sekedar mengingatkan saja, yang namanya Rokok, ya jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh!

Rokok elektrik sendiri juga dikenal dengan sebutan e-cigarette yang dibuat china pada 2003, dimana vape ini terdiri dari baterai dan cartridge yang berupa cairan serta elemen pemanas, tujuannya yaitu untuk mengurangi asap meskipun sedang merokok.

Apa Bahaya Rokok Elektrik dibanding Rokok Biasa?
  1. Rokok biasa atau rokok tembakau mengeluarkan asap dari pembakaran tembakau itu sendiri, beda dengan rokok elektrik atau vape yang mengeluarkan uap yang berasal dari cairan perasa buah dan juga nikotin yang dipanaskan.
  2. Jika bahaya rokok tembakau adalah dapat menimbulkan sakit jantung, paru dan impotensi serta gangguan kehamilan, beda dengan rokok jenis vape atau elektrik yang dapat menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan.
  3. Kandungan Rokok tembakau: Nikotin, tasr, arsenic, karbon monoksida dan bahan kimia.
  4. Kandungan Rokok Elektrik: Nikotin, gliserol sayuran, pemanis buatan dan berbagai jenis perasa buah.

Itu perbedaan dari segi bahan pembuatnya ya dan penyakit yang dapat ditimbulkan, kalau dilihat dari segi fisik perbedaanya hanya asap jenis rokok tembakau dapat berbentuk sampah misalnya abu rokok dan batangnya, sedangkan rokok vape atau elektrik tidak menyisakana apapun.

Dan dari segi harga, rokok tembakau ini harganya rata rata 16.000 beda dengan ape yang harganya jauh lebih mahal yakni 150.000 sampai kisaran 500.000

Untuk rokok tembakau sendiri sudah mempunyai peraturan pemerintah sendiri, dan rokok elektrik belum ada.

SEKARANG KE JAWABAN! Bahaya dan Lebih Aman Mana antara Rokok Tembakau Biasa atau Rokok Elektrik Vape?

MENURUT... DR. Nauki Kunugita, seorang peneliti kesehatan di jepang di National Institute of Public Health, rokok vape lebih bahaya dari rokok elektrik, ia mengatakan bahwa terdapat 10x lipat tingkat karsinogen, sebuah zat yang dapat merusak DNA dan menimbulkan kanker daripada rokok biasa.

Selain itu ada juga pendapat dari Tjandra Yoga Aditama, Kepala Balitbangkes Kementrian Kesehatan dimana ia mengatakan bahwa rokok elektrik memiliki komposisi yang beda beda, intinya terdapat nikotin, propilen, glikol.

Selebihnya, bahaya vape tentu dapat menyebabkan keracunan dan juga beresiko menimbulkan kematian, hal ini karena bahaya utama dari roko vaporizer ini memang pada saluran pernapasan, resiko asma, sesak napas maupun batuk besar sekali kemungkinannya.
Dengan melihat pernyataan diatas, KESIMPULAN nya adalah, "Rokok Elektrik Lebih Berbahaya daripada Rokok Tembakau atau Biasa".
Rokok elektrik ini mengandung zat bahaya seperti tSNA, diethylene glycol dan karbon monoksida serta dapat meningkatkan kadar plasma nikotin (akan muncul jika merokok elektrik dalam waktu jangka panjang.)

Oke itulah beberapa ulasan mengenai lebih bahaya mana dan aman mana perbedaan rokok elektrik dan rokok biasa? kalau menurut saya pribadi ya, manfaat rokok elektrik dan biasa itu ya tidak ada untuk kesehatan, alasan seseorang kecanduan rokok hanya dijadikan ALIBI untuk mereka yang tidak mau berjuang untuk kesehatannya sendiri!.

Advertisement