6 Cara Menghilangkan Kulit Berminyak Secara Alami

Cara Menghilangkan Kulit Berminyak Secara Alami - Kulit yang berminyak pada dasarnya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih oleh kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit. Sebum adalah  kandungan minyak yang terbuat dari lemak. Sebum tidak semuanya buruk karena membantu melindungi dan melembabkan kulit Anda serta menjaga agar rambut Anda tetap mengkilap dan sehat. Walaupun begitu, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak serta dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Faktor genetis, perubahan hormon, atau bahkan stres dapat meningkatkan produksi sebum. Jika Anda mencari cara menghilangkan kulit berminyak secara alami, berikut yang perlu anda ketahui.

Cara Menghilangkan Kulit Berminyak dengan Bahan-Bahan Alami di Rumah


Kulit berminyak dan jerawat cukup merepotkan untuk ditangani. Namun, membuat sendiri bahan alami untuk menghilangkan kulit berminyak bisa dilakukan di Rumah tanpa memerlukan resep obat dari dokter atau perawatan kulit mahal. 

1. Madu

Madu merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang paling diminati. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu sangat baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Madu juga merupakan pelembab alami, sehingga membantu menjaga kelembaban kulit tanpa membuatnya berminyak. Berikut cara menghilangkan kulit berminyak secara permanen dengan madu: pilihlah madu yang mentah dan oleskan dengan tipis ke wajah Anda, biarkan kering selama sekitar 10 menit, dan bilas sampai bersih dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

2. Oatmeal

Oatmeal membantu mengurangi peradangan kulit dan mampu menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oateal yang digiling bisa digunakan sebagai masker wajah. Kombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya. 

3. Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah cara mengatasi kulit berminyak secara alami. Kedua bahan tersebut mampu memperkecil pori-pori. Asam dalam lemon bisa membantu menyerap minyak dan bersifat antibakteri. Tapi campuran ini tidak disarankan untuk orang yang alergi terhadap telur. 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai bahan alami untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Banyak orang menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan kulit berminyak. Anda bisa mengoleskan lapisan tipis ke wajah sebelum tidur dan biarkan sampai pagi. 

5. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat sebagai bahan yang umumnya digunakan untuk obat jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membantu membersihkan pori-pori. 

6. Minyak Jojoba

Minyak jojoba merupakan obat alami untuk mengobati kulit berminyak, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Jojoba mampu meniru sebum pada kulit untuk dan menyebabkan produksi sebum berkurang dan membantu menjaga keseimbangan minyak pada wajah. Gunakan minyak jojoba secukupnya saja antara 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Bila kulit berminyak disebabkan oleh faktor genetis atau hormon, hal itu sulit dicegah. Cara menghilangkan kulit berminyak yang perlu dilakukan adalah dengan perawatan kulit yang konsisten dan menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan dengan kadar gula tinggi, dan makanan olahan lainnya. Menutupi muka yang berminyak dengan kosmetik yang tebal justru bisa memperburuk kondisi kulit wajah. 

Jika produksi sebum pada wajah cukup banyak, hindari riasan yang tebal terutama penggunaan foundation. Pilihlah produk yang berbahan dasar air bukan minyak dan carilah produk yang tidak menyumbat pori-pori. Banyak orang mengatakan bahwa cara menghilangkan kulit berminyak seperti di atas sangat membantu untuk merawat kulit berminyak. Lakukan tes terlebih dahulu pada bahan-bahan alami yang akan digunakan supaya Anda menemukan perawatan yang tepat sesuai kondisi kulit  wajah.

6 Cara Menghilangkan Kulit Berminyak Secara Alami