Tips Service Kulkas Jakarta Barat Untuk Kulkas yang Tidak Dingin

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas ialah tidak dingin. Masalah ini tentu menjadi masalah yang sangat mengganggu. Bila kulkas tidak bisa dingin, tentu barang-barang di dalamnya bisa mencair ataupun rusak. Untuk memperbaiki kulkas yang tidak dingin, akan lebih mudah bila kita mengetahui penyebabnya. Kita perlu memeriksa kulkas agar dapat memperbaiki dengan benar tanpa membuatnya semakin rusak. Berikut ini terdapat beberapa tips service kulkas jakarta barat untuk kulkas yang tidak dingin.

Secara umum, kulkas yang tidak dingin dapat dibedakan berdasarkan 3 gejala yang berbeda. Gejala pertama ialah kulkas yang tiba-tiba mati dan menjadi tidak dingin. Gejala kedua ialah mesin kompresor yang mati dan tidak mau hidup lagi. Sementara gejala terakhir ialah kulkas yang menjadi tidak dingin setelah dibersihkan.

A. Kulkas tiba-tiba mati dan menjadi tidak dingin


1. Memeriksa kabel power supply dan relay
Bila kulkas tidak dingin, cobalah untuk memeriksa kabel power supply. Lihatlah apakah terdapat bagian kabel yang putus. Setelah itu, kita juga harus melakukan hal yang sama pada relay. Untuk memastikan kabel dan relay masih terhubung satu sama lain, gunakanlah multitester.
Jika ternyata kabel putus, sambungkan kembali kabel menggunakan isolasi. Sementara itu, bila relay putus, kita harus menggantinya dengan relay yang baru. Bila sudah diperbaiki, colokan kembali kabel power supply. Namun, jika kulkas tidak hidup juga, berarti kita harus melalukan cara lain.
2. Meriksa komponen overload

Overload berfungsi mencegah terjadinya panas berlebihan (overheat) pada kompressor. Jika bimetal pada overload putus, keropos, maupun terbakar, kulkas menjadi tidak bisa dinyalakan. Cara paling mudah untuk mengecek hal ini ialah melihat langsung kondisi overload.
Overload yang rusak akan terlihat keropos maupun memiliki bekas terbakar. Oleh karena itu, overload ini harus diganti dengan yang baru. Namun, bila overload masih bagus, cobalah untuk memeriksa termostat. Caranya ialah dengan menghubungkan kabel pada multitester dengan kedua socker termostat. Di saat yang saja putar juga knop multitester searah dengan jarum jam.

B. Memeriksa Kompresor Kulkas

Cara lain untuk mengatasi kulkas tidak dingin ialah memeriksa kompresor kulkas. Lihatlah pada nilai ampere kompresor tersebut. Kompresor kulkas yang normal memiliki rata-rata nilai ampere sebesar 0,5 A hingga 1 A. Namun, nilai ampere juga akan dipengaruhi oleh ukuran kompresor kulkas.
Untuk memeriksa kompresor, ada 3 hal yang perlu kita lakukan, yaitu:
1. Menyiapkan multitester dengan posisi pada range oHm ( Ω ).
2. Menghubungkan socket pada kompresor dengan body kompresor. Gunakan kabel multitester untuk menghubungkannya.
3. Melihat pada bagian layar multitester. Apabila jarum tidak menunjukan adanya hubungan, berarti kompresor dalam keadaan baik. Namun, apabila ada hubungan, berarti kompresor tersebut sudah mengalami kerusakan.
Jika ternyata kerusakan terjadi pada mesin kompresor, sebaiknya kita mengganti kulkas. Meskipun bisa diperbaiki, kompresor yang sudah pernah rusak tidak akan bertahan lama. Kita tentu tidak ingin memboroskan uang hanya karena kulkas, bukan?

C. Kulkas Tidak Dingin Setelah dibersihkan


Ketika membersihkan bunga es, kita sering memutar knop termostat ataupun mematikannya. Namun setelah selesai, kita lupa mengembalikan pengaturan termostat ke posisi semula. Akibatnya, lemari es menjadi kurang dingin ataupun tidak dingin sama sekali. Kompresor kulkas juga tidak dapat dinyalakan. Oleh sebab itu, sebelum menyalakan kulkas, pastikan termostat sudah diatur kembali.
Kulkas yang tidak dingin setelah dibersihkan juga dapat disebabkan oleh kesalahan pemiliknya sendiri. Misalnya seperti menggunakan benda tajam ketika membersihkan bunga es. Apabila evaporator tertusuk, freon pada kulkas akan mengalami kebocoran. Kitapun harus memperbaiki kebocoran tersebut dengan lem khusus. Setelahnya, barulah freon diisi lagi dari nol.

Tips Service Kulkas Jakarta Barat Untuk Kulkas yang Tidak Dingin